Puskesmas Telaga Biru

Evaluasi Capaian Kinerja 2023 dan Rumuskan Langkah Strategis untuk 2024, Dinkes Gelar Rakornis

Kadis Kesehatan Kabupaten Gorontalo Ismail Akase

LIMBOTO – Pemerintah Kabupaten Gorontalo melalui Dinas Kesehatan menggelar Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Bidang Kesehatan Nasional (Rakerkesnas) Tahun 2024, Kamis, (14/5/2024), di Swiss-Belhotel Maleosan Manado, Sulawesi Utara.

Dalam laporannya, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gorontalo, Ismail Akaseh, menyampaikan, Rakornis tersebut mengusung tema “Melesat Sehat Menuju Gorontalo Emas”.

Rakornis juga bertujuan untuk mengevaluasi capaian kinerja tahun 2023 sekaligus merumuskan langkah strategis guna mencapai target kinerja tahun 2024.

Ismail Akaseh menjelaskan, Dinas Kesehatan memiliki visi dan misi periode 2021-2026 adalah “Gorontalo Gemilang dan Mandiri, Mewujudkan Masyarakat Madani”.

Dijelaskan, salah satu indikator kesehatan yang menunjukkan peningkatan adalah angka harapan hidup, yang mencapai 69,09 pada tahun 2023. Selain itu, angka kematian ibu mengalami penurunan, dari target 170 kasus menjadi 140 kasus di Kabupaten Gorontalo.

Hal ini didukung oleh program-program kesehatan yang baik dan fasilitas pelayanan kesehatan yang memadai, termasuk 4 rumah sakit, 23 puskesmas, 15 klinik, layanan PSC 119, dan laboratorium kesehatan.

Dengan dukungan berbagai fasilitas tersebut, capaian dan target program Dinas Kesehatan Kabupaten Gorontalo telah menghasilkan prestasi dan penghargaan, antara lain:

Nilai kepuasan masyarakat tertinggi terhadap perilaku tenaga kesehatan puskesmas, Penghargaan indeks prestasi masyarakat terbaik terhadap pelayanan puskesmas, Penghargaan nilai kepuasan masyarakat tertinggi terhadap jenis layanan puskesmas, Penghargaan Kader Terbaik 2 Nasional Lomba Masak MP-ASI Tingkat Nasional, Penghargaan Kader Inovasi Terbaik 5 Nasional, dan Penghargaan Universal Health Coverage (UHC).

Berbagai capaian ini sejalan dengan visi misi Bupati Kabupaten Gorontalo yang tertuang dalam Rencana Strategis Dinas Kesehatan tahun 2021-2026 pada visi pertama yaitu “Membangun Manusia Tangguh dan Produktif”.

Selain itu, hal ini juga sejalan dengan Rencana Pembangunan Menengah Nasional (RPMN) Kementerian Kesehatan yang melaksanakan Transformasi Sektor Kesehatan dengan enam pilar, yaitu: Transformasi layanan primer, Transformasi layanan rujukan, Transformasi sistem ketahanan kesehatan, Transformasi pembiayaan kesehatan, Transformasi sumber daya manusia kesehatan, serta transformasi digital dan teknologi kesehatan

Ismail Akaseh menambahkan bahwa prinsip Rakornis Tahun 2024 adalah merumuskan Rencana Aksi Program Tahun 2024 yang berfokus pada transformasi kesehatan. Selain itu, Rakerkesnas ini juga berfungsi sebagai forum komunikasi terbuka untuk berdiskusi tentang kendala, hambatan, atau tantangan yang ada, guna menemukan solusi yang efektif dalam pencapaian program transformasi kesehatan.

Kegiatan Rakornis tahun 2024 ini akan berlangsung dari 15 hingga 17 Mei 2024 dan dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Gorontalo, Dr. Roni Sampir. Ia mewakili Bupati Gorontalo Prof. Nelson Pomalingo.

Kirim Pesan
Halo, kami hadir disini untuk membantu anda...! Lanjut ke chat untuk info lebih lanjut...
Pemberitahuan Hukum dan Persetujuan Pengguna

 

Anda akan menerima pesan melalui WhatsApp dari Admin Website Puskesmas Telaga Biru, Anda menyetujui penggunaan informasi kontak Anda sesuai dengan ketentuan berikut:

 

- Penggunaan Informasi Kontak: Informasi kontak yang Anda berikan, termasuk nomor WhatsApp, akan digunakan oleh Admin Website Puskesmas Telaga Biru untuk mengirimkan informasi lain yang relevan dengan layanan kami.

 

- Informasi pribadi Anda akan diproses sesuai dengan kebijakan privasi kami. Kami berkomitmen untuk menjaga kerahasiaan dan keamanan data Anda.

 

- Kami dapat memperbarui ketentuan ini dari waktu ke waktu. Setiap perubahan akan diberitahukan kepada Anda melalui pesan WhatsApp atau diumumkan di situs web kami.